Refleksi Pengalaman Belajar Setiap Mata kuliah (LK 2)
231135103 - Valerius Riko Hernawan
Indikator | Pertanyaan Identifikasi Diri |
Nama mata kuliah | Pembelajaran Sosio Emosional |
Reviu pengalaman belajar | Pengalaman belajar apa yang berguna dan menarik?
Pengalaman belajar yang menurut saya berguna dan menarik adalah saat ujian tengah semester mata kuliah PSE kami diminta untuk membuat rancangan pembelajaran berbasis sosio emosional. Kegiatan ini menurut saya merupakan kegiatan yang berguna dan menarik karena bagaimanapun juga baik saat praktik PPL maupun di dunia kerja nanti kemampuan untuk membuat rancangan pembelajaran yang baik diperlukan oleh guru. |
Pengalaman belajar apa yang berguna tetapi kurang menarik?
Pengalaman belajar yang menurut saya berguna tetapi kurang menarik adalah saat topik 1 yaitu mengelola aspek sosial dan emosional serta mengelola kemampuan sosio-emosional dalam lingkup kelas kelas, lingkungan sekolah, & masyarakat. Kami mendapatkan saran buku dari pak Rohandi yaitu "Mengimajinasikan Masa Depan Kita Bersama: Sebuah Kontrak Sosial Baru untuk Pendidikan" yang diterbitkan oleh UNESCO. Menurut saya buku ini sangat berguna namun melihat dari bacaannya yang cukup banyak membuat menjadi kurang menarik. |
Pengalaman belajar apa yang menarik tapi kurang berguna?
Pengalaman belajar yang menurut saya menarik adalah pengalaman ketika kami melakukan analisis film inspiratif laskar pelangi dan poetry society. Bukannya kurang berguna namun belum berguna karena saya belum mengerjakan pembuatan tugas berupa pembahasan film tersebut berupa video podcast. |
Pengalaman belajar apa yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru?
Selama saya mengikuti perkuliahan PSE semua pembelajarannya ada yang menarik dan berguna, ada yang menarik, serta ada pula yang berguna, namun tidak saya temukan yang tidak menarik dan tidak berguna. Perkuliahan PSE dalam konteks sebagai calon guru memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi saya. |
|
Refleksi pengalaman belajar | Apa yang telah terjadi?
Kesadaran yang muncul setelah saya melalui berbagai pengalaman di atas adalah saya mengetahui bagaimana cara merancang pembelajaran berbasis pembelajaran sosio emosional yaitu dengan mengembangkan 5 Kesadaran SEL: 1) Kesadaran diri, 2) Manajemen diri, 3) kesadaran sosial, 4) Ambil keputusan, & 5) Terampil berelasi. Pembelajaran di kelas memang bukan semata-mata hanya memberikan ilmu pengetahuan karena di zaman modern seperti saat ini peserta didik sudah bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak dari berbagai sumber seperti buku, internet, bahkan Ai. Sebagai guru dapat memberikan sesuatu yang tidak bisa didapatkan dari sumber-sumber tersebut, yaitu pendidikan sosio dan emosional. Peserta didik perlu mengenal dirinya dengan menengali emosi dirinya apakah sedang senang, sedih, bosan, mereka perlu memahami hal tersebut. Setelah memahami diri sendiri sekarang saatnya peserta didik mencoba memahami orang lain. Hal ini dapat dimulai dengan memahami orang terdekatnya seperti teman di kelasnya. Memahami orang lain erat kaitannya dengan empati yaitu bagaimana kita membayangkan perasaan orang lain jika mendapatkan suatu stimulus. 5 Kesadaran SEL penting untuk dilatihkan kepada peserta didik untuk persiapan dirinya memasuki dunia yang sebenarnya. |
Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Hal tersebut dapat terjadi karena hasil diskusi dengan beberapa teman bahwa sebenarnya beberapa tugas di LMS ada yang mirip dan kita dapat mengerjakan tugas tersebut cukup membuat satu pekerjaan yang nantinya dikirimkan ke beberapa tempat pengumpulan sekaligus. Pengalaman tersebut membuktikan kolaborasi tugas dan diskusi kelompok dapat membantu kami para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas LMS. |
|
Analisis artefak pembelajaran | Artefak-artefak pembelajaran mana yang dapat saya jadikan bukti dukung hasil refleksi pengalaman belajar?
Mengapa artefak ini yang saya pilih?
Beberapa artefak ini yang saya pilih karena ini merupakan bukti konkret dari pengalaman-pengalaman yang saya jelaskan saat reviu pengalaman belajar. |
Bagian mana dari artefak ini yang mendukung hasil refleksi saya?
Rancangan pembelajaran UTS saya pilih karena pada rancangan pembelajaran ini berbasis PSE dengan memuat 5 Kesadaran SEL, yaitu 1) Kesadaran diri, 2) Manajemen diri, 3) Kesadaran sosial, 4) Ambil keputusan, 5) Terampil berelasi. Buku inspiratif saya pilih sebagai artefak yang mendukung hasil refleksi saya bahwa buku ini berguna namun memang memiliki jumlah halaman yang cukup banyak. Video podcast sendiri memang belum saya cantumkan sehingga hanya saya cantumkan tangkapan layar LMS mengenai tugas tersebut. |
|
Rumusan hasil refleksi berupa pembelajaran bermakna | Apabila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa, perubahan apa yang akan saya lakukan? Bila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa perubahan yang akan saya lakukan adalah management emosi yang lebih baik sebagai guru. Ikut andil dalam mewujudkan masa depan sosial baru bersama untuk pendidikan. Membuat rancangan pembelajaran berbasis PSE yang lebih baik lagi. |
|
No comments:
Post a Comment