Refleksi Pengalaman Belajar Setiap Mata kuliah (LK 2)
231135103 - Valerius Riko Hernawan
Indikator | Pertanyaan Identifikasi Diri |
Nama mata kuliah | Praktik Pengalaman Lapangan II |
Reviu pengalaman belajar | Pengalaman belajar apa yang berguna dan menarik?
Pengalaman belajar yang menurut saya berguna dan menarik adalah saat mengajar mandiri. Kesempatan mengajar mandiri di PPL II ini adalah empat kali mengajar. Menurut saya pengalaman mengajar mandiri ini berguna dan menarik bagi saya karena tanpa bantuan wali kelas bisa atau tidak bisa praktikan harus mampu mengelola kelas yang diajarnya. Saat mengajar di kelas IV saya sempat memarahi peserta didik karena peserta didik tersebut dorong-dorongan dengan temannya hingga jatuh. Saat itu beberapa anak menangis yaitu yang jatuh, lalu yang mendorong karena diteriaki "uwo" oleh teman-temannya. Saya pun menarik salah satu anak yang paling vokal meneriaki "uwo", anak yang mendorong, dan yang jatuh lalu mendudukkan mereka bertiga sambil bertanya apa yang sebenarnya terjadi dari versi masing-masing anak. Pengalaman ini berguna bila saat menjadi guru nanti terjadi hal yang serupa sehingga saya dapat mengatasinya. |
Pengalaman belajar apa yang berguna tetapi kurang menarik?
Pengalaman belajar yang menurut saya berguna tetapi kurang menarik adalah kegiatan non mengajar. Saya dipercaya membantu menjadi MC kegiatan "halal bi halal" di sekolah, menurut saya ini berguna karena menjadi pengalaman konkret saya menjadi MC di hadapan satu sekolah. Namun, hal yang kurang menarik adalah saya baru diberitahu di pagi harinya sehingga saya merasa kurang persiapan. |
Pengalaman belajar apa yang menarik tapi kurang berguna?
Pengalaman belajar yang menurut saya menarik adalah kegiatan penarikan. Kegiatan menarik karena kami dapat berkumpul bersama ibu Tasmiyah selaku kepala sekolah, ibu Sekti selaku guru pamong, dan pak Galih selaku dosen pembimbing lapangan kami. Hal yang menurut saya menjadi kurang berguna adalah sebelumnya kami telah berpamitan pada hari kamisnya sekaligus memberikan kenang-kenangan untuk sekolah, namun kegiatan penarikan bersama dosen baru bisa dilaksanakan pada hari senin depannya. |
Pengalaman belajar apa yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru?
Selama saya mengikuti PPL II semua pembelajarannya ada yang menarik dan berguna, ada yang menarik, serta ada pula yang berguna, namun tidak saya temukan yang tidak menarik dan tidak berguna. Perkuliahan PPL II dalam konteks sebagai calon guru memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi saya. |
|
Refleksi pengalaman belajar | Apa yang telah terjadi?
Kesadaran yang muncul setelah saya melalui berbagai pengalaman di atas adalah dalam menghadapi peserta didik sebagai guru tidak hanya memberikan ilmu secara kognitif namun juga dalam bermasyarakat, dalam berteman, sehingga perkuliahan PSE dan PPR penting bagi guru. Guru juga dituntut selalu siap dalam penugasan apapun misalnya harus menjadi MC ataupun tugas-tugas yang lain sehingga sejak berkuliah hendaknya mencari pengalaman yang banyak agar nantinya membantu kita sebagai guru profesional. Hal yang disukai maupun tidak jika itu merupakan suatu kewajiban hendaknya dilaksanakan dengan sepenuh hati. Guru harus memiliki pemikiran positif sehingga dapat ditularkan ke anak-anak didiknya kelak. |
Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Hal tersebut dapat terjadi karena sebagai guru nantinya tidak hanya berurusan dengan kemampuan kognitif anak namun juga karakter anak yang bermacam-macam. Sehingga guru sebisa mungkin menuntun peserta didik agar memiliki karakter yang sesuai dengan enam profil pelajar Pancasila. |
|
Analisis artefak pembelajaran | Artefak-artefak pembelajaran mana yang dapat saya jadikan bukti dukung hasil refleksi pengalaman belajar?
Mengapa artefak ini yang saya pilih?
Beberapa artefak ini yang saya pilih karena ini merupakan bukti konkret dari pengalaman-pengalaman yang saya jelaskan saat reviu pengalaman belajar. Artefak pertama berupa … |
Bagian mana dari artefak ini yang mendukung hasil refleksi saya?
Artefak pertama yang saya pilih adalah .. |
|
Rumusan hasil refleksi berupa pembelajaran bermakna | Apabila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa, perubahan apa yang akan saya lakukan? Bila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa perubahan yang akan saya lakukan adalah … |
|
No comments:
Post a Comment