Refleksi Pengalaman Belajar Setiap Mata kuliah (LK 2)
231135103 - Valerius Riko Hernawan
Indikator | Pertanyaan Identifikasi Diri |
Nama mata kuliah | Bahasa Inggris |
Reviu pengalaman belajar | Pengalaman belajar apa yang berguna dan menarik?
Pengalaman belajar yang menurut saya berguna dan menarik adalah saat kami diberi tugas reading practice oleh bu Clara. Saat pertama kali diajar oleh bu Clara pembelajaran kami memang sudah sangat berbeda dari pembelajaran biasanya karena dari awal sampai akhir mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Tugas reading practice ini menurut saya berguna dan menarik karena meningkatkan kemampuan bahasa inggris active kami walaupun hanya membaca cerita bahasa inggris saja. Cerita yang kami baca bersumber dari youtube, disana bukan hanya memberikan cerita namun juga cara membaca yang tepat. Saya mengerjakan tugas membaca ini saat PPL, karena saya belum terlalu paham cara membaca yang tepat saya minta diajari oleh mba Okta (PPL PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024) yang kebetulan satu sekolah dengan kami. Setelah diajari saya pun dapat menyelesaikan tugas membuat video membaca tersebut. |
Pengalaman belajar apa yang berguna tetapi kurang menarik?
Pengalaman belajar yang menurut saya berguna tetapi kurang menarik adalah saat saya dan pak Edi mengerjakan tugas kelompok bahasa inggris. Kegiatan ini berguna karena dengan berkelompok kami dapat berdiskusi mengenai classroom language. Kegiatan ini kurang menarik jika dibandingkan dengan kegiatan bahasa inggris yang lain karena kegiatan lain banyak aksinya seperti membuat video, bercakapan secara langsung dengan bahasa inggris, dan lain sebagainya. |
Pengalaman belajar apa yang menarik tapi kurang berguna?
Pengalaman belajar yang menurut saya menarik adalah kegiatan wawancara. Kegiatan wawancara ini dibebaskan boleh kepada teman kelas ataupun teman di luar kelas. Bahasa yang digunakan boleh menggunakan bahasa Inggris namun boleh juga menggunakan bahasa Indonesia jika orang yang diwawancarai belum bisa berbahasa inggris. Kegiatan ini sangat menarik namun sayangnya setelah selesai tidak ada waktu bagi kami untuk mempresentasikan hasil wawancara tersebut. |
Pengalaman belajar apa yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru?
Selama saya mengikuti perkuliahan bahasa Inggris semua pembelajarannya ada yang menarik dan berguna, ada yang menarik, serta ada pula yang berguna, namun tidak saya temukan yang tidak menarik dan tidak berguna. Perkuliahan bahasa Inggris dalam konteks sebagai calon guru memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi saya. |
|
Refleksi pengalaman belajar | Apa yang telah terjadi?
Kesadaran yang muncul setelah saya melalui berbagai pengalaman di atas adalah kemampuan bahasa inggris aktif memang sangat dituntut bagi calon guru profesional. Hal ini terbukti dengan berbagai tugas seperti wawancara, membaca dongeng bahasa inggris, serta diskusi. Kegiatan-kegiatan tersebut meningkatkan kemampuan bahasa inggris aktif saya dan pelafalan saya sudah lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti PPG Prajabatan ini. |
Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Hal tersebut dapat terjadi karena merupakan pengalaman konkret yang telah saya alami serta saya mendapatkan insight setelah pengalaman-pengalaman nyata tersebut saya refleksikan dalam diri saya. |
|
Analisis artefak pembelajaran | Artefak-artefak pembelajaran mana yang dapat saya jadikan bukti dukung hasil refleksi pengalaman belajar?
Mengapa artefak ini yang saya pilih?
Beberapa artefak ini yang saya pilih karena ini merupakan bukti konkret dari pengalaman-pengalaman yang saya jelaskan saat reviu pengalaman belajar. Artefak pertama berupa video reading practice yang saya unggah di platform YouTube. Artefak kedua berupa laporan wawancara dengan pak Ivan dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Artefak ketiga berupa worksheet kelompok yang saya kerjakan bersama pak Edi. |
Bagian mana dari artefak ini yang mendukung hasil refleksi saya?
Artefak pertama yang saya pilih adalah reading practice, berupa video yang saya unggah di YouTube. Video ini adalah bukti konkret tugas reading practice. Laporan wawancara menjadi tugas kedua yang saya jadikan artefak karena merupakan laporan yang dilegkapi foto dan rekaman audio di dalamnya. Artefak terakhir adalah tugas kelompok bahasa inggris. |
|
Rumusan hasil refleksi berupa pembelajaran bermakna | Apabila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa, perubahan apa yang akan saya lakukan? Bila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa perubahan yang akan saya lakukan adalah menggunakan bahasa inggris saat tertentu misal seperti saat mengobrol bersama teman, berdoa dengan bahasa inggris bersama murid les, menyisipkan beberapa kata inggris di pelajaran sehingga pembelajaran yang telah saya peroleh dapat saya tularkan dan ajarkan kepada orang-orang di sekitar saya. Walaupun Bahasa Inggris saya belum sempurna namun saya tetap akan terus belajar sepanjang hayat sambil meyebarkan ilmu yang sudah saya ketahui. |
|
No comments:
Post a Comment