Followers

Saturday 11 May 2024

Refleksi Pengalaman Belajar Mata Kuliah Pemahaman terhadap Peserta Didik dan Pengajarannya

 Refleksi Pengalaman Belajar Setiap Mata kuliah (LK 2)

231135103 - Valerius Riko Hernawan

Indikator

Pertanyaan Identifikasi Diri

Nama mata kuliah

Pemahaman terhadap Peserta Didik dan Pengajarannya

Reviu pengalaman belajar

  1. Pengalaman belajar apa yang berguna dan menarik?


Pengalaman belajar yang menurut saya berguna dan menarik adalah pengalaman pembuatan video pendek bersama kelompok PPL saya dan pengalaman pembuatan artikel lalu mengirimkannya ke Jurnal bersama kelompok PPL saya.

 

  1. Pengalaman belajar apa yang berguna tetapi kurang menarik?

Pengalaman belajar yang berguna pada topik 1. Mengenal Peserta Didik yaitu terdapat pada eksplorasi konsep dimana disana terdapat literasi terkait teori belajar yang sangat lengkap bahkan terdapat hingga 15 slide bacaan. Namun, menurut saya bagian kurang menariknya karena terlalu banyak bacaannya dan kurang terdapat variasi konten seperti gambar dan video sehingga akan lebih menarik ketika dipelajari.

 

  1. Pengalaman belajar apa yang menarik tapi kurang berguna?


Pengalaman belajar yang menarik tetapi kurang berguna menurut saya yaitu pada topik 4. Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman pada LMS hanya mengerjakan tugas saja namun tidak ada tindak lanjut misal seperti proposal usulan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk sekolah PPL sehingga akan lebih berguna jika teori yang dipelajari bisa langsung diterapkan saat praktik di sekolah.

 

  1. Pengalaman belajar apa yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru?

 

Pengalaman belajar pada mata kuliah pemahaman terhadap peserta didik dan pengajarannya menurut saya semua ada pengalaman belajar yang menarik, berguna, ataupun kedua-duanya yaitu menarik dan berguna.

 

Refleksi pengalaman belajar

  1. Apa yang telah terjadi?

Pembuatan video dilaksanakan ketika saya masih belum terlalu kenal dengan teman-teman PPL. Kegiatan pembuatan video tersebut selain memberikan pengalaman bagaimana cara merancang, pembagian tugas kelompok, uji coba angle video yang menarik dan lucu, serta membuat kelompok kami bisa mengenal satu sama lain. Pembuatan artikel kami lakukan secara berkelompok dengan kelompok SD PPL. Ketika kami membuat artikel lalu mencoba mengirimkannya ke Jurnal yang pertama (Jurnal Nusantara) kami belum berhasil, lalu kami mencoba mengirimkannya ke jurnal kedua (Jurnal Pendas) dan Puji Tuhan dapat diterima. Kami mendapatkan bantuan pembayaran juga dari Ibu Ika selaku dosen pengampu sebesar 50% dari biaya jurnal.


  1. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? 

Hal tersebut dapat terjadi karena kegiatan pembuatan video kami laksanakan saat berada di sekolah PPL, kami melakukan perencanaan dan pembuatan secara bersama-sama serta menampung berbagai ide yang telah dikemukakan. Pembuatan video ini dilakukan secara serius tetapi santai dengan memberikan sound yang sedang viral saat itu agar menarik. 

Ketika artikel pertama yang kami buat tidak diterima oleh jurnal nusantara kami merasa menyerah dan ya sudahlah karena kelompok lain sudah berhasil mengirimkan artikelnya pada jurnal-jurnal. Saat hal tersebut terjadi kami berkomunikasi dengan ibu Ika dan beliau memberikan pencerahan bahwa masih ada kesempatan untuk mengirimkannya ke jurnal lain. Semangat kami pun kembali membara dan malam itu juga kami mencoba mencari berbagai jurnal yang kemungkinan masih bisa dikirimkan artikel dengan tema yang cocok, dan biaya yang terjangkau.


Analisis artefak pembelajaran

  1. Artefak-artefak pembelajaran mana yang dapat saya jadikan bukti dukung hasil refleksi pengalaman belajar?

 

Artefak-artefak pembelajaran yang dapat saya jadikan bukti hasil refleksi pengalaman belajar saya ada berupa video yang telah saya upload di YouTube, lalu ada artikel yang sudah kami publikasikan (dalam proses terbit pada bulan Maret) dengan bukti berupa (LoA).


  1. Mengapa artefak ini yang saya pilih?

 

Artefak tersebut yang saya pilih karena kedua hal tersebut merupakan pengalaman yang menarik dan berguna. Selain itu pengalaman ini masih saya ingat dengan baik hingga hari ini.

 

  1. Bagian mana dari artefak ini yang mendukung hasil refleksi saya?

Bagian dari artefak ini yang mendukung hasil refleksi saya adalah artefak ini berisi hasil karya kelompok PPL yang telah kami buat. Artefak ini merupakan bukti otentik karya yang telah kami buat, berikut tautan artefak kami:
1) Video
https://youtu.be/WNH7ULoZ2Nc 

2) LoA

https://drive.google.com/file/d/1aYEDn3HhC9i3RUPY9Ghl3J8s8oRsc4Fl/view?usp=sharing 

Rumusan hasil refleksi berupa pembelajaran bermakna

Apabila saya mengajar atau membahas topik ini, dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada siswa, perubahan apa yang akan saya lakukan?

 

Dengan mempertimbangkan prinsip pembelajaran bermakna yang berpusat kepada peserta didik, perubahan yang akan saya lakukan adalah menggunakan pendekatan DAP, TaRL, dan CRT lalu ketika ada kesempatan bersama anak-anak dapat membuat video bersama dan menuliskan pengalaman belajar kami menjadi artikel yang dapat diterbitkan di Jurnal sehingga dapat menginspirasi banyak orang.




No comments:

Post a Comment