Followers

Monday 26 October 2020

Google Sheet

 

Sobar (Sobat pembelajar) pasti sudah tidak asing dengan google. Yaaps mesin pencari nomor 1 di dunia hingga saat ini memang digunakan oleh mayoritas pengguna internet saat ini. Kali ini mimin mau ngebahas Google sheet, apaan sih itu? nah buat yang masih asing dengan program ini yahh kira-kira 11-12 lah sama Excel dari microsoft. Google Spreadsheet adalah aplikasi spreadsheet online yang memungkinkan Anda membuat dan memformat spreadsheet serta bekerja bersama orang lain. (support.google.com) Tadi sempat mimin singgung kalo program ini mirip dengan MS Excel nah karena kemiripannya fungsinyapun juga hampir sama yaitu untuk mengolah data kuantitatif.

1. =TRIM

Ketika membuka data Spreadsheet dalam jumlah yang banyak, terkadang tidak selalunya rapi. Besar kemungkinan data teks mempunyai kesalahan penulisan. Hal ini dapat menyebabkan kesalah analisis data, utamanya saat mencari kata, hasil copy pdf, atau menggunakan pivot table. Maka untuk merapikannya menggunakan fungsi TRIM. Ini mengotomatiskan pekerjaan membersihkan spasi-spasi. Daripada mengklik di setiap sel untuk merapikan teks, biarkan TRIM yang melakukannya secara otomatis.

Untuk menggunakan TRIM, cukup ketik =TRIM, dan kemudian arahkan ke sel yang ingin dirapikan. Tekan enter, maka fungsi trim akan merapikan data dengan cepat seperti dilihat pada contoh di bawah ini.


 

Dilanjutkan dengan melakukan autofill hingga sel B7, caranya dengan menariknya ke arah bawah. Bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:


 

2. =PROPER

Fungsi Proper merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengubah setiap huruf pertama menggunakan huruf kapital dan sisanya menggunakan huruf kecil atau dengan istilah profesional text.

Untuk menggunakan fungsi PROPER, cukup ketik =PROPER, dan kemudian arahkan ke sel dengan teks yang perlu dirapikan. Cukup tekan enter, dan kapitalisasi akan disesuaikan agar sesuai dengan EYD yang benar.


 

Bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini bagaimana menggunakan formula proper pada Google Sheets : 


 

3. =GOOGLEFINANCE

Google sheets menyediakan kemudahan menyediakan function Google Finance. Dengan menggunakan Google Finance, maka Spreadsheet dapat mengambil data tentang saham, obligasi, dan dana langsung dari layanan.

Lihat contoh spreadsheet sederhana yang memiliki dua kolom, yaitu “kode saham” dan “harga”. Kolom pertama diisi dengan kode saham, dan harga diambil langsung dari google finance dengan rumus:

=GOOGLEFINANCE ( “Kode Saham” , “price” )

Masukkan parameter pertama dengan kode saham. Contohnya jika ingin mendapatkan harga saham AAPL ( Apple Inc.. ) maka ketikan rumus:

=GOOGLEFINANCE (“AAPL” , “price”) Atau bisa juga menggunakan rumus

=GOOGLEFINANCE(“sel berisi kode saham”,”price”)

Seperti pada gambar dibawah ini :

 

Setelah memasukkan rumusnya, tarik kebawah untuk menerapkan ke semua sel. Dan nilai saham dari beberapa perusahaan akan terlihat. Agar lebih jelasnya bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:


 

4. =GOOGLETRANSLATE
Layanan Google Translate kini dapat digunakan langsung di dalam Spreadsheet yaitu dengan  fungsi rumus =GOOGLETRANSLATE. Misal pada kasus seringnya mengunduh data dari sistem yang teksnya dalam bahasa asing. Maka perlu menerjemahkannya berulang kali, bahkan setiap kali mengambil data baru dan memasukkannya ke dalam spreadsheet.

Daripada bolak-balik ke situs web Google Translate dan terus-menerus menyalin dan menempelkan data di antara keduanya, cukup gunakan fungsi =GOOGLETRANSLATE ke dalam Spreadsheet.

Cara menuliskan rumus ini adalah dengan mengetik =GOOGLETRANSLATE(A9), misalnya, untuk mengarahkannya ke sel A9 dengan teks yang akan diterjemahkan. Google akan mencoba menebak bahasa dan menyediakan terjemahan dalam bahasa default yaitu bahasa inggris seperti pada gambar dibawah berikut ini :

Agar lebih jelas mengenai translate di spreadsheet, bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini:


 

 

5. =RANDBETWEEN

Untuk menggunakan RANDBETWEEN, cukup buka fungsi dan kemudian tentukan nilai batas bawah dan nilai batas atas.  Misalnya, menunjukkan nilai acak antara 1 dan 100 dapat menggunakan =RANDBETWEEN(1,100). Fungsi RANDBETWEEN digunakan untuk menghasilkan angka acak pada rentang angka tertentu yang dikehendaki.

Lihat pada gambar di bawah ini, sebagai contoh akan menentukan nilai acak antara angka 1 sampai 50 maka rumus yang akan ditulis adalah =RANDBETWEEN(1,50) kemudian klik enter. Maka angka antara 1 dan 50 yang akan muncul. Dan ketika di tarik kebawah untuk autofill maka akan muncul angka acak antara 1 sampai 50.


 Untuk lebih jelasnya bisa disimak cuplikan video dibawah.

Cukup sekian dari mimin selamat belajar GBU all. Terima kasih www.inixindo.co.id

Source: https://www.inixindo.co.id/index.php/it-forum/83-office-application/1741-lima-formula-google-spreadsheets-yang-patut-dicoba

No comments:

Post a Comment