Followers

Tuesday 16 June 2020

Game Scratch Ternyata Seru!

Apa Itu Scratch?

Scratch adalah bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif dan fun. dengan scratch kita bisa membuat animasi, permainan, dan kreasi yang lain. Scratch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa perlu khawatir dengan penulisan sintaksis, karena tidak perlu menulis kode. hanya dengan drag and drop blok blok kode yang sudah di sediakan, kemudian di susun dan membentuk sebuah logika yang bisa di jalankan sehingga menjadi program.

bahasa pemrograman ini di buat oleh MIT MEDIA LAB dari Massachusetts Institute of Technology yang di rancang untuk pembelajaran anak umur 8 sampai 16 tahun. meskipun begitu, setiap orang dari segala umur bisa menggunakan scratch sebagai media pembelajaran.

bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan programer pemula untuk berlatih computational thinking.Berikut contoh - contoh game yang sudah penulis buat:

1. Game Menangkap Hantu

Tujuan utama dari game ini adalah menangkap hantu sebanyak mungkin yang muncul secara acak pada layar. Eits.. jangan sampai klik gambar yang lain yaa, karena akan mengurangi point. Ada timernya juga sebagai pemacu agar anak terbiasa cekatan.

2. Petualangan Kapal Klasik

Tujuan utama dari game petualangan kapal klasik adalah sampai pulau dengan selamat. Game ini dibumbui dengan berbagai macam rintangan. Perjalanan kapal bak melewati labirin, dengan banyaknya rintangan game ini akan melatih motorik anak dan belajar cara memecahkan masalah.

3, Game Basmi Virus

Game ini terinspirasi dari pandemi Covid19 yang saat ini melanda dunia dan menggambarkan perjuangan semua manusia melawan virus corona. Tujuan utama permainan ini adalah membasmi sebanyak banyaknya virus yang terus berdatangan. Game ini dibuat untuk mengusir rasa bosan anak yang saat ini diwajibkan untuk #stayathome (di rumah aja).

source:
https://scratch.mit.edu
https://medium.com/@fahmisulaimanbas/kenalan-dengan-scratch-bahasa-pemrograman-visual-1059d27122ed

No comments:

Post a Comment